Tips Menghindari Bosan Berdoa

1. Ubah lingkungan Anda
Jika selama ini Anda biasa memiliki jam doa di pagi hari, ubahlah jam doa itu menjadi malam hari. Jika biasanya doa dilakukan di kamar tidur, Anda bisa melakukannya di dapur. Jika biasanya di dalam rumah, cobalah berdoa di bawah pohon atau di kebuh belakang rumah.. Mengubah lingkungan tempat Anda berdoa akan dapat mempengaruhi dan memberi perspektif baru dalam kehidupan dan roh Anda.

2. Ubah rutinitas
Jika selama ini waktu doa Anda hanya diselipkan di antara jam mandi dan sarapan, atau di antara waktu kerja dan istirahat, ubahlah rutinitas itu dengan menempatkan doa sebagai prioritas. Semakin penting waktu doa itu bagi Anda, semakin besar pula perhatian yang Anda berikan kepada-Nya, dan kitapun akan makin dalam mengenal kehendak Kristus.

3. Pujian
Daripada berdoa dalam hati dan berbisik, Anda bisa juga berdoa dengan diiringi menyanyikan pujian, lembut atau bahkan nyaring, yang keluar dari dalam hati. Musik dapat membantu membebaskan roh kita.

4. Bergerak.
Anda juga bisa berdoa sambil berjalan, lari, bersepeda, dll. Dengan demikian, Anda juga dapat merasakan doa seiring dengan gerakan tubuh Anda. Doa sambil merasakan getaran tubuh juga dapat membuat Anda merasakan berkat Tuhan atas kesehatan dan hidup yang Anda miliki.

5. Fokus ulang
Jika saat ini Anda memiliki daftar panjang pokok-pokok doa, Anda mungkin bisa terjebak dalam kebosanan. Fokuskan kembali pokok-pokok doa Anda agar seimbang antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan orang lain. Prioritaskan kehendak Allah di atas kebutuhan manusia.

6. Dengarkan
Saat doa Anda menjadi hanya satu arah, yaitu Anda hanya terus mengatakan apa saja yang ingin Anda katakan dan ungkapkan pada-Nya, maka doa sangat mungkin menjadi membosankan. Karena itu ambillah waktu menjernihkan segala pikiran yang mengganggu dan berdiam diri di hadirat-Nya. Belajarlah mendengarkan suara Tuhan karena suara-Nya sama sekali tidak membuat bosan.

7. Belajar
Pelajari dan bacalah firman seperti yang dilakukan banyak orang percaya dan para pahlawan iman sebelum kita. Amati cara-cara berdoa para tokoh-tokoh besar dalam kekristenan dalam sejarah. Iman kekristenan telah ada dan terbukti sejak dulu.

8. Berkelompok
Saat Anda bosan berdoa seorang diri, Anda bisa berdoa dalam kelompok. Bahkan saat ini, hal tersebut juga bisa dilakukan lewat telepon, video call, dll. Kuasa doa dapat berlipat saat Anda berdoa dalam kelompok.

9. Seperti anak kecil
Apakah Anda ingat permohonan doa Anda saat masih kecil? Sering kali apa yang Anda sampaikan dalam doa Anda saat ini akan sangat berbeda dengan saat Anda masih kecil. Dan meski Anda menerima Yesus ketika sudah dewasa sekalipun, cobalah berdoa dengan cara seperti anak kecil. Dan yang sederhana, penuh kekaguman, percaya 100%, dan humor (Tuhan punya selera humor yang tinggi).

10. Visualisasi
Bayangkan Tuhan itu ada dalam setiap tempat di sekitar Anda. Ia ada di samping kanan kiri, atas bawah, di dalam dan luar, dan Ia sedang mendengarkan Anda dan Ia mengasihi Anda. Visualisasikan kasih-Nya itu dan perbaruilah energi Anda dalam berdoa.

Sumber : Renungan Harian Spirit

Artikel yang Berhubungan