Kapan Anda Butuh Vitamin Ekstra?




JIKA tak mendapat asupan vitamin dan mineral tertentu, tubuh akan menderita defisiensi. Jauh sebelum Anda mendapati tanda-tandanya, Anda berada di garis batas kekurangan vitamin dan mineral. Tak sedikit orang dewasa yang mengalaminya, terutama vitamin B12 yang menyebabkan anemia.

Anda berada di garis batas kekurangan vitamin jika:

1. Jarang mengonsumsi buah dan sayuran segar. Buah dan sayuran adalah sumber alami terbaik vitamin dan mineral.

2. Sedang melewati periode stres dan pekerjaan menumpuk. Karenanya pola makan Anda tak benar sehingga persediaan vitamin menipis. Stres juga menguras cadangan vitamin dan mineral dalam tubuh.

3. Baru sembuh atau dioperasi. Saat itu Anda tidak ingin makan, padahal Anda butuh vitamin dan mineral untuk mempercepat penyembuhan.

4. Punya penyakit kronis seperti asma dan diabetes. Kekurangan vitamin dan mineral mungkin dapat menyebabkan penyakit itu bertambah parah. Banyak pasien asma menderita kekurangan magnesium, sedangkan diabetesi kekurangan vitamin C. Penyakit kronis mengubah cara tubuh menyerap dan menggunakan vitamin serta mineral.

5. Hamil atau menyusui. Anda butuh ekstra vitamin dan mineral karena Anda memberikan sebagian jatah Anda untuk si jabang bayi.

6. Sedang depresi. Ketika tertekan, pola makan Anda tak benar. Itu bisa membuat depresi kian parah karena tubuh kekurangan vitamin dan mineral.

7. Merokok, karena rokok menguras kebutuhan vitamin, khususnya vitamin C.

8. Minum alkohol. Peminum berat sering berada di ambang batas kekurangan vitamin dan mineral, khususnya vitamin B. @


DIY

Artikel yang Berhubungan