Resep Sederhana Saat Musim Hujan Tiba

Musim hujan oh musim hujan. Kalau sudah masuk musim yang satu ini, penghuni rumah juga jadi suka kena penyakit musiman. Batuk, pilek, dan demam biasanya. Berikut ini ada resep sederhana. Bahan ramuannya bisa didapat di penjaja sayur yang biasa lewat depan rumah. Selamat mencoba. Sedia payung sebelum hujan yaa! :)

Untuk Batuk

  1. Seratus gram biji kacang panjang (kukus hingga matang) diblender dengan air secukupnya, tambahkan gula batu atau madu secukupnya, aduk rata lalu diminum.

  2. Waluh (250 gram) direbus hingga matang, tambahkan gula pasir secukupnya, sajikan untuk kudapan.

  3. Oyong/gambas dijus hingga menghasilkan 60 cc, tambahkan madu secukupbya, aduk rata, lalu diminum.

  4. 30 gram terung tua dikupas kulitnya lalu direbus dalam air secukupnya. Tambahkan gula merah. Setelah matang, terung rebus siap disajikan.

Untuk demam dan influenza

  1. Tujuh siung bawang merah, 3 butir merica, 10 gram jahe diblender dengan air hangat secukupnya. Minum selagi hangat.

  2. Rambut jagung 30 gram, 10 gram jahe, 60 gram akar alang-alang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc gram lobak dan 2 siung bawang putih diblender dengan air rebusan tadi, jadilah jus dan siap diminum selagai hangat.

  3. Satu buah pare ukuran sedang yang telah dikukus sampai matang dan 10 gram jahe diblender dengan air secukupnya. Tambahkan madu, secukupnya, aduk rata lalu diminum.

  4. Daun pepaya muda ditumbuk halus lalu diberi air secukupnya dan diperas airnya, air perasan tadi dicampur garam dan gula secukupnya, aduk sampai rata, ramuan ini diminum selama 1 minggu berturut-turut.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sediakan umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren. Wortel kemudian diparut, diperas, tambah 2 gelas air kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata. Diminum 1 kali sehari.

Post to: delicious, Digg, ma.gnolia, Stumbleupon


Artikel yang Berhubungan