merawat rambut saat musim hujan

Saat musim hujan seperti ini, sudah pasti menjaga kondisi rambut agar tetap segar menjadi hal yang tidak mudah. Percikan air hujan, sekecil apapun berpotensi untuk membuat rambut kusut dan tak sedap dipandang. Berbagai perlakukan terhadap rambut Anda sehari-hari dan sebelum bepergian dalam cuaca yang basah amat berpengaruh terhadap kondisi rambut.

Berikut sejumlah kiat untuk menjaga rambut agar tetap rapi, sehat dan bersih selama musim hujan:
- Hindari penggunaan hairspray atau gel selama musim hujan. Bahan-bahan di dalam kosmetik rambut ini, jika kena air hujan akan melekat pada kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe.
- Setiap malam sebelum tidur, pijat-pijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari untuk melancarkan peredaran darah.
- Lakukan cream bath secara teratur, paling tidak dua minggu sekali untuk menjaga rambut agar jauh dari masalah.
- Untuk rambut panjang, sebaiknya disanggul, dikepang, atau dijepit dengan rapi di atas kepala jika mau keluar ruangan. Rambut pendek sebaiknya ditata sesimpel mungkin sehingga saat basah kena hujan, ketika kering model rambut tidak jauh berbeda.
- Jika Anda sering bepergian atau naik sepeda motor, sebaiknya pilih potongan rambut pendek. Rambut pendek lebih mudah disisir dan lebih mudah dikeringkan. Jika Anda tetap ingin berambut panjang, segera keramas dan keringkan begitu basah kena air hujan. Bawa selalu handuk dan hair dryer kecil di tas Anda.
- Hindari meminyaki rambut Anda. Minyak bertemu air akan menimbulkan bau yang tak sedap.
- Ada wanita yang ragu-ragu untuk memakai sampo untuk pria, begitu juga sebaliknya. Padahal bahan dasar sampo, semuanya sama saja. Yang membedakan sampo wanita dan pria, hanya terletak pada wewangian yang ditambahkan.

Jika rambut Anda terlalu lepek dan ingin tampak lebih mengembang, setelah keramas, bilas dengan air asin. Caranya, masukkan satu sendok garam dalam satu gayung air. Lalu keringkan seperti biasa.
Sumber : kompas


Artikel yang Berhubungan