Latihan Soal C# VB

  1. User menginputkan sebuah bilangan. Jika tombol "Cek" di-klik, maka akan ditampilkan di sebuah objek label sebuah keterangan apakah angka tersebut merupakan bilangan genap atau ganjil.
  2. User menginputkan sebuah huruf (asumsi user menginput huruf kecil, bukan huruf capital). Jika tombol "Cek" di-klik maka akan muncul keterangan di sebuah objek label apakah huruf itu adalah huruf vocal atau bukan.
  3. Seseorang bisa menjadi asisten dosen jika dia sudah mencapai semester 5 dan IP nya minimum 2.75. Buatlah program yang menerima inputan dari user, yaitu semester saat ini dan jumlah IP nya. Jika tombol "Cek" ditekan, program akan memberitahukan apakah layak menjadi asisten dosen atau tidak.
  4. Terdapat ketentuan nilai berikut :

    0-40 = E

    41-50 = D

    51-65 = C

    66-70 = BC

    71-75 = B

    76-85 = AB

    86-100 = A

    Buatlah program untuk mengetahui kategori nilai dari nilai angka yang diinput oleh user.

  5. Terdapat klasifikasi predikat nilai berikut :

    A = Sangat memuaskan

    B = Memuaskan

    C = Baik

    D = Kurang

    E = Buruk

    Buatlah program untuk menampilkan predikat ke dalam sebuah objek label jika nilai nya diinput oleh user (nilai yang diinput menggunakan huruf besar saja).

  6. Pada awalnya, program memiliki tampilan seperti ini:


     

    User diharuskan mengisi ketiga textbox yang tersedia. Jika ketiga nya diisi dengan lengkap, lalu tombol "Simpan" di-klik, maka akan tampil seperti berikut :


     


     

    Di sebelah bawah muncul keterangan: "Data berhasil disimpan".


     

    Seandainya tadi ada textbox yang belum diisi, maka akan muncul peringatan untuk masing-masing textboxnya jika tombol "Simpan" di-klik


     

    Atau


     

    Atau


     


     

    Jika tombol "Hapus" di-klik, maka akan mengembalikan program menjadi seperti tampilan semula (tulisan di textbox menjadi bersih, dan keterangan-keterangan yang muncul menjadi hilang), dan posisi kursor berada di textbox NRP.


     

  7. properties "Backcolor" nya menjadi warna merah / "Red".


     


     

    Lalu buatlah 2 object label lagi, properties "Autosize" nya diubah menjadi "False", tapi properties "Backcolor" nya menjadi "Green". Dan tambahkan pula 2 buah object Button di bawahnya.


     


     

    Tujuan dari program ini adalah untuk membuat "animasi" sederhana. Jika tombol "Ke Kiri" di-click, maka warna merah akan berpindah ke kiri, kecual sudah mencapai label paling kiri (label1).

    Jika tombol "Ke Kanan" di-click, maka warna merah akan berpindah ke kanan, kecuali sudah mencapai label paling kanan (label3).


     

    Petunjuk:

        Untuk pewarnaan lewat program, maka source code nya seperti ini:

            label1.BackColor = Color.Green;

        atau

            label1.BackColor = Color.Red;

    Contoh:

  • Kondisi Awal :


     

  • Jika di-click tombol "Ke Kiri", maka warna merah sudah tidak bisa berpindah ke mana-mana lagi.
  • Jika di-click tombol "Ke Kanan", maka warna merah akan berpindah ke label2.


     

  •  


     


 

  • Jika label3 sudah bewarna merah, maka jika di-click tombol "Ke Kanan", tidak terjadi apa-apa. Tetapi jika di-click tombol "Ke Kiri", maka warna merah akan berpindah ke label2.


     

  • Jika tombol "Ke Kiri" di-click, maka warna merah akan berpindah ke label1.

 

Artikel yang Berhubungan